Menerawang Masa Depan BlackBerry10

Minggu, 20 Januari 2013

BlackBerry Z10
Research In Motion atw RIM peruahaan yang membesut Blackberry dalam suasana tegang saat ini. Setidaknya mereka harus bersiap dan memaksimalkan daya upaya yang ada sampai tanggal 30 Januari 2013. Yups, ditanggal itulah Blackberry10 akan diluncurkan.

Bagi teknolovers pasti tahu, BB10 adalah produk paling banyak bocoran sebelum resmi dirilis. Bisa jadi inilah strategi RIM untuk menarik minat korporat dan individu pada device terbaru RIM. BB10 sama sekali baru dibandingkan dengan OS (Operating System) RIM sebelumnya. Dengan mengambil basis QNX, RIM berusaha mewujudkan OS BB yang ramah pada pengguna, tidak lagi menemui cabut baterai dan hang saat pemakaian.

CEO RIM saat ini, Thorsten Heinz memang mewarisi kinerja yang buruk dari CEO sebelumnya Lazaridis, dimana RIM dan BB dibawa menuju kehancuran karena keengganan untuk segera beralih OS. Patut diingat pada tahun 2009, RIM diramalkan akan menghancurkan iPhone. Saat itu RIM akan merilis BB pertama yang full touchscreen, dan nyatanya bener, RIM luncurkan BB 9500 Storm. Dan kita tahu semua, itu adalah BB terburuk yang pernah diproduksi. Layar yang tak sensitif dan kemampuan yang sangat terbatas.

Darisanalah RIM saat ini berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama. Heinz membawa RIM bekerja keras selama 2 tahun terakhir, sampai-sampai absen mengeluarkan produk terbaru. Dari banyak bocoran, hardware yang dibawa BB10 memang tidak bisa dibilang istimewa, namun performanya cukup mengundang decak kagum, dari kamera sampai "siri" yang lebih bagus dari iPhone.

Dan di Kanada sendiri, pemesanan Blackberry Z10 sudah dilakukan, dengan harga $799, entah benar atau tidak. Nampaknya RIM mengikuti Apple dan Nokia untuk menjaga eksklusivitas produk mereka. RIM sendiri menjanjikan dalam waktu dekat akan menyusul produk BB10 dengan harga menengah ke bawah.

Well, saya sendiri sebagai pemakai BB sangat terbantu dalam melakukan berbagai kerja dan hubungan bisnis. Hanya berharap semoga inovasi teknologo RIM di BB10 ini berhasil dan mampu membawa komunikasi ke level selanjutnya.

Persaingan gadget memang begitu sengit. Tak hanya berhenti di masalah teknologi dan marketing saja, masalah timbul dan berlanjut di kaitan hak paten. Kita tahu bersama bagaimana Apple dan Samsung begitu sengit bertarung di pengadilan.

Produk-produk ber-OS Android memang akan susah dikejar spesifikasi hardware-nya oleh Nokia, Apple dan BB, karena pemroduksi android tidak sibuk ngurusi OS, dari sini persaingan bergeser ke value gadget dan aplikasi. Yah, sayangnya di BB blom ada instagram. Untuk mengakali RIM sematkan aplikasi filter kamera di BB10 nantinya, bisa dilihat di video youtube yang tersedia.

Inilah pertarungan dan pertaruhan terakhir RIM. Setelah jual pesawat dan merumahkan ribuan pegawainya, akankah RIM selamat dari kiamat teknologi bagi mereka? Kita saksikan saja pada 30 Januari nanti. (IDC)

0 comments:

Poskan Komentar